Jumat, 31 Desember 2010

Baru planet mirip Bumi ditemukan



Gliese 581g berada di 'zona Goldilocks' tata surya, dimana air cair bisa ada, dan merupakan pesaing yang kuat untuk menjadi dunia yang layak huni
Artis kesan Gliese 581g
Artis kesan dari empat planet dalam sistem Gliese 581 dan bintang tuan rumah mereka, kurcaci merah hanya 20 tahun cahaya dari Bumi. Gambar: Lynette Cook / NSF / AP
Para astronom telah menemukan sebuah planet yang berpotensi ditinggali dengan ukuran hampir sama dengan Bumi dalam orbit mengelilingi sebuah bintang di dekatnya.
Sebuah tim pemburu planet asing melihat dunia mengelilingi sebuah bintang kerdil merah yang disebut Gliese 581, 20 tahun cahaya.
Planet ini dalam "zona Goldilocks" dari ruang di sekitar bintang di mana suhu permukaan tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk air cairan untuk membentuk.
"Temuan kami menawarkan kasus yang sangat menarik bagi planet berpotensi dihuni," kata Steven Vogt, astronom di Universitas California, Santa Cruz. "Fakta bahwa kami mampu mendeteksi planet ini begitu cepat dan begitu dekatnya memberitahu kita bahwa planet seperti ini harus benar-benar umum."
Jika dikonfirmasi, planet ini akan menjadi yang paling Bumi-seperti yang pernah ditemukan pada sistem lain surya dan calon kuat pertama untuk satu ditinggali.
Lebih dari 400 eksoplanet telah ditemukan oleh para astronom, tetapi sebagian besar gas raksasa, seperti Jupiter, yang akan tidak ramah bagi kehidupan seperti yang kita kenal.
Para astronom menggunakan teleskop Keck di Hawaii untuk mempelajari gerakan Gliese 581 secara detail indah dan dari pengamatan mereka disimpulkan kehadiran sejumlah planet mengorbit. Laporan Tim dua planet baru di Astrophysical Journal , sehingga jumlah diketahui berputar-putar bintang sampai enam.
Salah satu planet, bernama Gliese 581g, memiliki massa tiga sampai empat kali lipat dari Bumi dan membutuhkan waktu 37 hari untuk mengorbit bintang. Para astronom percaya bahwa itu adalah sebuah planet berbatu dengan gravitasi yang cukup untuk mempertahankan suasana.
Berbeda dengan planet yang sudah ditemukan, Gliese 581g terletak tepat di wilayah ruang yang hidup bisa berkembang. "Kami telah planet di kedua sisi dari zona layak huni - satu terlalu panas dan satu terlalu dingin - dan sekarang kami memiliki satu di tengah yang tepat," kata Vogt.
Satu sisi planet ini selalu menghadap bintang, sebanyak satu sisi bulan terus-menerus wajah Bumi. Ini berarti bahwa sisi yang jauh dari planet ini terus-menerus dalam kegelapan. Wilayah yang paling layak huni planet akan garis antara daerah terang dan gelap.
"Setiap bentuk kehidupan muncul akan memiliki berbagai iklim yang stabil untuk memilih dari dan untuk berkembang sekitar, tergantung pada bujur mereka," kata Vogt.
Suhu rata-rata di planet ini diperkirakan antara -31-to 12C, tetapi suhu tanah akan bervariasi dari terik panas di sisi terang dan pembekuan pada sisi gelap.
"Jumlah sistem dengan planet berpotensi dihuni mungkin pada urutan 10 atau 20 persen, dan ketika anda kalikan dengan ratusan miliar bintang di Bima Sakti, itu sejumlah besar Mungkin ada. Menjadi puluhan miliar ini sistem di galaksi kita, "kata Vogt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar